Sedetik waktu - Befinda
Terbaru
Loading...

Jumat, 02 September 2016

Sedetik waktu

Kuteringat salah satu moment dimana masa yang amat teramat singkat memiliki banyak arti. Saat yang begitu berharga menjadi renunganku  saat kufikirkan tentang roda kehidupan yang terus kulalui ini. Ketika ku berada dalam kegelapan, bukan kegelapan cahaya tetapi kegelapan rasa lebih tepatnya perasaan hati terhadap dunia yang kumiliki. Aku tak mengerti kehidupan yang sekarang masih kulalui dengan penuh perjuangan melawan nafsu hatiku yang terkadang tak terkendalikan. Sesuatu dalam detik, menit, jam, bahkan ratusan hari yang telah kuputari bersamanya selama ini. Yang tak terhitung berapa banyak helai nafas ku tarik lepas dalam jiwa raga ku ini.
Aku hanyalah seorang yang bisa dikatakan masih belia. Baik buruk aku masih dalam proses belajar mengenalnya, memahami dan menjalankan apapun itu yang menurutku baik dalam batin nuraniku. Aku tersadar aku hanyalah secuil anak dari jutaan anak bahkan lebih di bumi yang kupijaki.
Semakin kesini aku mulai berfikir untuk apa kita makan, minum, sekolah, tidur, dan apapun itu berulang setiap harinya. Tujuannya apa?? Pertanyaan semacam itu mulai bermunculan. Lambat laun aku sadar bahwa semua itu tidak lain untuk mepertahankan hidup dan mempersiapkan masa depan lebih baik juga lebih berguna. Bukan hanya itu saja yang terbesit dipikiranku. Banyak pertanyaan pada diriku sendiri yang tak mampu kujawab.
Hanyalah waktu, hari demi hari kulalui yang bisa dengan sendiri menjawabnya.
Teringat suatu ketika saat sedang besendagurau serta berbincang-bincang dengan salah seorang guruku yang tidak lain juga ustadz kuperoleh omongan-omongan yang berbobot darinya. Diceritakannya kisah-kisah terdahulu bermanfaat yang menginspirasi. Kata-kata yang masih selalu kuingat darinya yang intinya "Melihat roda kehidupan ini sebagai pelajaran". Arti yang ia utarakan sangat mendalam. Terenyuh aku mendengarnya sembari kupikirkan makna dibalik kalimat emas itu. Kupikirkan benar-benar makna tersembunyi seraya kembali bertanya tentang kehidupan masa depan yang akan dilalui. Ia mengatakan jadilah pribadi yang lebih baik dan jadikan peristiwa yang sudah kamu lihat sebagai pelajaran begitupula jadikan pengalaman sebagai pelajaran untuk menapaki kehidupan dunia saat ini dan yang akan datang.
Teringat juga ia mengatakan mencari ilmu itu tidak kenal waktu. Mengartikan bahwa ilmu bukan hanya pelajaran sekolah tetapi waktu yang telah dilalui juga demikian.
Pernah suatu hari di pagi hingga siang tak terasa telah lama berbincang-bincang dengannya mengenai persoalan kehidupan.
Satu persatu persoalan yang kutanya dijawab dengan santainya tetapi sangat mendalam.
Semua makna dibalik itu tak akan kulupakan dan sebagai bekal menapaki kehidupan sekarang ini.
Waktu itu terlalu singkat, kurasa baru kemarin ku berbincang bincang dengannya. Tetapi kenyataannya waktu itu sudah lama.
Kuambil makna bahwa sedetik waktu pun sangat berarti bagi pelajaran kehidupan sekarang dan yang akan datang
Saat ini kumulai berfikir apa arti kehidupan yang saat ini aku masih berada dalam kehidupan dunia yang fana. Karna sedetik waktu dapat mengubah kehidupan kita.

Bismillah melangkah kedepan yang lebih baik

Share with your friends

Notification
Halo, terimakasih sudah mengunjungi blog Befinda.my.id dan jangan lupa baca artikel lain disini.
Oke