Pentingnya Inovasi Pembelajaran Matematika - Befinda
Terbaru
Loading...

Sabtu, 20 Maret 2021

Pentingnya Inovasi Pembelajaran Matematika

Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi selaras dengan tuntutan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Ada lima komponen penting dalam proses pembelajaran, yaitu tujuan, materi atau bahan ajar, pendidik, peserta didik, dan evaluasi. Dari kelima komponen tersebut, peran pendidik sangat penting sebagai penggerak aktif agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Adapun pembelajaran dikatakan efektif apabila tujuan pembelajaran tercapai. Sehingga kreatifitas guru sangat penting agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif. Agar menghasilkan sesuatu yang kreatif, inilah pentingnya inovasi atau suatu usaha yang lebih baik dan berbeda dari yang sudah ada.

Pembelajaran matematika telah berkembang dari tahun ke tahun berkembang secara pesat selama dua abad terakhir. Meskipun masih terus dibenahi, kemajuan besar ini tak terlepas dari inovasi para pendahulu. Pembelajaran matematika hingga menjadi seperti sekarang tentunya tak terlepas dari inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh pegiat pembelajaran matematika yang menginginkan agar pembelajaran matematika lebih mudah diterima siswa. Banyak yang menganggap matematika sulit, dengan adanya inovasi maka pembelajaran matematika terasa menyenangkan. Sehingga materi matematika mudah diterima dan dipahami oleh siswa.

Tujuan utama dari inovasi pembelajaran yaitu berusaha untuk meningkatkan kemampuan, yakni kemampuan dari sumber-sumber tenaga, uang, sarana dan prasarana temasuk struktur dan prosedur organisasi agar semua tujuan yang telah direncanakan dapat dicapai secara maksimal. Oleh karena itu sangat penting inovasi pembelajaran matematika dilakukan. Sehinngga dapat memperbaiki keadaan dari sebelumnya ke arah yang lebih baik, mendorong untuk terus mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang matematika.

Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus dimiliki guru. Sehingga  pembelajaran akan lebih hidup dan bermakna. Kemauan guru untuk mencoba menemukan, menggali ide, dan mencari bermacam terobosan, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran merupakan salah satu penunjang akan munculnya berbagai inovasi-inovasi baru yang cemerlang.

Saat ini, Indonesia dihadapkan dengan pandemi corona. Pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi daring. Sehingga diperlukan inovasi pembelajaran agar pendidik dan peserta didik dapat beradaptasi dengan keadaan seperti ini. Sudah setahun lamanya pembelajaran jarak jauh, hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Sehingga inilah salah satu pentingnya inovasi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai walaupun pembelajaran dilaksanakan jarak jauh.

Inovasi dalam pembelajaran juga sangat diperlukan dalam proses pembelajarran guna meningkatkan kualitas peserta didik mengingat banyaknya peserta didik yang beragam dalam kemampuannya. Dan diharapkan kita, sebagai calon pendidik mampu menciptakan pembelajaran yang dapat membersamai setiap siswa baik yang berkemampuan tinggi, pas-pasan, maupun yang bisa dikatakan kurang.

Share with your friends

Notification
Halo, terimakasih sudah mengunjungi blog Befinda.my.id dan jangan lupa baca artikel lain disini.
Oke